rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Rabu, 23 April 2014

KEBIASAAN MEMAKAI LAPTOP SAMBIL DI CHARGE


Apakah anda salah satu pengguna laptop? wah jaman sekarang memang jamannya laptop ya. Memang sih masih banyak juga yang memakai PC, tetapi tidak seperti dulu, mungkin sudah jauh berkurang. Laptop memang lebih simpel, lebih mudah dibawa kemana-mana dan tentu saja harga saat ini juga tidak terlalu mahal kok. Jadi, sudah pasti laptop semakin dibanjiri para peminat.
Banyak yang salah mengenai anggapan bahwa mencharge laptop sambil dipakai itu bisa membuat baterainya cepat rusak alias drop. Eits, itu dulu, ternyata hal ini tidaklah benar, karena sudah ada usaha dari produsen laptop untuk semakin memanjakan penggunanya.Dari referensi yang saya dapatkan dan saya baca, ternyata laptop keluaran "setelah" tahun 1996, sudah ada controll battery. Jadi tidak usah galau jika memakai laptop sambil dicharge dan justru hal ini sepertinya malah dianjurkan. Controll battery akan otomatis mengatur kerja baterai laptop kita. Saat baterai sudah penuh, maka akan secara otomatis memutus/ stop charging baterai laptop kita dan beralih menggunakan arus listrik /power dari listrik. Takut baterai kembung? ya enggaklah, kan sudah ada controll battery nya. Jadi, sekarang anda bisa mengecharge laptop anda sambil dipakai buat aktifitas dengan laptop kesayangan anda.
kebiasaan memakai laptop sambil di charge
Kalau jaman dulu ada yang menyarankan buat melepas baterai, untuk saat ini jangan sampai lah ya, lebih baik baterainya dipasang terus. Dari referensi yang saya baca, ada informasi mengenai saran yang cukup bagus. Yaitu, saat 5 menit sebelum dipakai, colokkan charger [pasang adaptor] dan mulai charge laptop. Dan 5 menit setelah laptop shut down/ dimatikan, baru deh charger dilepas [lepas adaptor]. Ini hanya saran saja, tidak wajib dilakukan, Dan sepertinya sih cukup bagus juga buat dipraktekkan.
Soal alasan mengapa setelah 5 menit sejak laptop shutdown adaptor baru dilepas, direferensi yang saya baca adalah untuk tujuan agar cooling down. Sekaligus juga untuk floating ke battery.
Wah pokoknya, mulai saat ini jangan salah menilai bahwa saat laptop dipakai sambil dicharge baterai akanc epat rusak, so tenang saja, dijamin aman. Laptop jaman sekarang sudah canggih-canggih euy. Kalau saya pribadi sih kalau untuk kerja ringan seperti mengetik dan berbagai macam kerjaan tidak berat lainnya saya biasa gunakan laptop. Tetapi kalo pengen nge game yang berat-berat, saya biasa mengandalkan PC saya karena speknya lebih gahar dan tahan banting. Spek laptop saya juga tidak cocok buat ngegame kelas berat sih, jadi yang salah satu alasan saya tidak melakukan kerja berat dengan laptop ya karena alasan yang satu ini hahaha. Namun, bagi anda yang punya laptop yang speknya bagus dan kuat, sepertinya tidak ada salahnya jika ngegame atau aktifitas berat lainnya menggunakan laptop. Karena banyak juga yang mempraktekkan hal ini dan laptopnya aman-aman saja. Terserah anda. Baca juga dong yang ini, cara memilih powerbank. terimakasih.


  sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

lampu