rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Rabu, 23 April 2014

CARA AGAR MATA TIDAK CEPAT LELAH SAAT DI DEPAN KOMPUTER


Apakah anda adalah orang yang setiap harinya harus bergelut dengan komputer atau laptop setiap harinya? Saat ini, memang sudah menjadi kebutuhan, bahwa komputer atau laptop djadikan sebagai salah satu andalan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan atau tugas. Begitu mudahnya bekerja dengan komputer, sehingga pekerjaan yang pada jaman dahulu mungkin tidak mungkin dilakukan atau dilakukan dan diselesaikan dalam jangka waktu yang lama, maka saat ini akan sangat cepat diselesaikan dengan bantuan komputer.
cara agar mata tidak cepat lelah saat di depan komputer
Bekerja didepan komputer memang mau tidak mau anda akan berhadapan langsung dengan layar monitor yang menjadi pusat perhatian saat bekerja. Dengan monitor, anda bisa dengan mudah melihat secara langsung apa yang ditampilkan oleh komputer atau laptop anda. Dengan salah satu konsekuensi yaitu mata anda akan menghadapi beberapa masalah atau kendala, seperti misalnya mata menjadi lelah, terkena terpaan radiasi dari layar monitor dan lain sebagainya.
Mari, kita fokuskan pada permasalahan lelahnya mata saat harus berada / berlama-lama didepan layar monitor. Ini sangat perlu untuk anda perhatikan, karena, mata adalah salah satu indera yang sangat vital dalam tubuh manusia, sangat vital sekali fungsi dari mata ini, yaitu untuk melihat. Bayangkan, jika sampai mata anda bermasalah gara-gara sering berada didepan komputer.
Biasanya, jika berada lama didepan komputer, mata akan merasakan kondisi lelah. Ini sangat wajar, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kiat atau tips/cara yang ampuh agar mata tidak cepat lelah saat didepan komputer. Ini akan sangat berguna bagi anda yang memang setiap harinya harus bergelut dengan yang namanya komputer.
Ingin tahu tips-tipsnya? Anda bisa menyimaknya dibawah ini.
Inilah beberapa cara agar mata tidak cepat lelah saat di depan komputer :
1. Cobalah sesekali melihat sebuah obyek yang jauh
Salah satu cara yang bisa anda coba adalah dengan merefresh mata anda dengan cara melihat jauh. Saat didepan komputer, mata anda dipaksa untuk melihat dengan jarak yang dekat ke monitor. Kondisi ini akan membuat mata anda terasa lelah. Nah, untuk mensiasatinya, anda bisa mencoba trik ini, yaitu dengan mencoba melihat sebuah benda atau memandang ke sekitar yang jauh. Bebas, anda bisa mengalihkan pandangan anda dari monitor dalam jangka waktu tertentu, agar mata anda bisa sedikit menyeimbangkan dan lebih rleks. Cara ini bisa sedikit membantu anda untuk mengatasi sekaligus mencegah mata yang cepat lelah saat didepan komputer.
2. Coba atur posisi duduk anda saat berada di depan komputer
Pilihlah tempat duduk berupa kursi yang ada senderannya. Ini akan membantu punggung dan tulang belakang anda tetap tegak dan nyaman saat anda harus bekerja didepan komputer. Secara tidak langsung, posisi duduk yang nyaman dan tepat akan membantu mata anda untuk bisa terhindar dari kelelahan/ cepat lelah. Atur senyaman mungkin posisi duduk anda. Posisi duduk yang bagus adalah dengan posisi duduk yang tegak, pundak lurus, punggung lurus dengan tetap bersender pada penyangga yang ada di kursi anda. Coba anda praktekkan, kondisi ini akan membantu mata anda untuk tidak cepat lelah.
3. Istirahatlah jika memang lelah
Tenaga manusia ada batasnya, begitu juga dengan mata kita. Saat berada di depan komputer dalam jangka waktu lama, maka anda membutuhkan sebuah jeda. Nah, jeda ini memang perlu anda lakukan agar anda bisa beristirahat. Jangan anda paksakan untuk tetap bekerja saat tubuh dan mata anda sudah merasa lelah. 
Cobalah sebuah trik, yaitu dengan beristirahat selama kurang lebih 20-30 menit. Jeda dengan durasi ini, maka akan mebuat tubuh dan mata anda akan kembali segar dan terbebas dari lelah. Nah, jika dirasa sudah kembali fresh, maka anda bisa kembali bekerja lagi didepan komputer anda. Anda juga bisa memanfaatkan tes mata ringan atau dengan cara membasuh muka anda dengan air, agar menghilangkan rasa kantuk yang mungkin mendera anda/mata anda. 
4. Memijat mata dengan lembut
Salah satu trik yang juga bisa anda lakukan agar mata anda tidak cepat lelah adalah dengan cara / teknik pemijatan. Trik ini bisa anda lakukan sendiri. Pijat dengan halus dan lembut kelopak mata anda dengan catatan pejamkan mata anda saat memijat. Bagian dahi juga bisa anda pijat. Nah, cara ini akan membuat mata anda menjadi lebih rileks dan segar kembali. Bagaimana dengan durasi pemijatan? Ini bisa anda atur sendiri, tidak usah lama, cukup 10-20 detik saja anda melakukan pijatan ini. Jika ingin lebih lama lagi, silahkan. Selamat mencoba, semoga tips ini manjur.
5. Cobalah untuk banyak mengedipkan mata anda
Banyak berkedip akan membuat selaput mata anda tetap dalam kondisi basah. Karena, jika sampai kering, maka bisa terjadi iritasi. Ini sangat mungkin terjadi ketika anda berlama-lama didepan monitor komputer. Cukup lakukan saja trik ini, banyaklah berkedip. Ini bisa menjadi salah satu solusi yang paling mudah untuk mencegah mata anda cepat lelah. Selamat mencoba.
6. Atur jarak mata dengan layar monitor
Berapa jarak ideal yang disarankan saat berada didepan komputer? Jarak mata dan layar monitor komputer yang paling ideal adalah dengan kisaran jarak antara 50 cm s/d 75 cm. Karena, jika terlalu dekat, mata anda akan mengalami masalah. Salah satunya yaitu mata anda akan mengalami cepat lelah. Untuk itulah, mulai sekarang, atur jarak mata anda dengan layar monitor komputer anda dengan jarak ideal tadi.
7. Pakailah kacamata anti radiasi atau pasang pelindung pada layar monitor anda
Salah satu tips yang juga jitu adalah dengan memakai kacamata khusus untuk menangkal radiasi, yaitu kacamata anti radiasi. Ini akan membantu sekaligus melindungi mata anda dari radiasi layar monitor dan mencegah terjadinya cepat lelah pada mata anda.
Banyak juga di pasaran dijual sebuah layar pelindung yang bisa dipasang di monitor, anda bisa coba memasangnya.
8. Pengaturan sudut layar monitor
Putar dan carilah sudut yang paling ideal pada layar monitor anda. Sepertinya, yang paling bagus adalah yang lurus. Atur sedemikian rupa sehingga anda bisa enjoy saat menatap layar monitor anda. Secara tidak langsung, sudut yang tepat ini akan membuat leher dan mata anda nyaman, sehingga bisa mengurangi kelelahan mata atau tidak nyamannya leher anda.
9. Aturlah pencahayaan layar monitor anda
Layar monitor anda bisa anda atur terang redupnya dengan mudah. Ada menunya, anda tinggal mensettingnya dengan tepat. Usahakan settingannya tepat. Jangan sampai terlampau terang, namun hindari juga settinagn yang terlalu gelap. Seimbangkan settingan terang gelapnya, maka ini akan membantu mengurangi resiko mata yang cepat lelah saat berada lama didepan layar monitor komputer anda.
Bagaimana, itulah sedikit ulasan mengenai cara agar mata tidak cepat lelah saat berada di depan komputer. Anda bisa mempraktekkan beberapa tips diatas. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih.
 
 
sumber :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

lampu