rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Rabu, 23 April 2014

Perkembangan Internet Saat Ini


RTRWBLOG - Perkembangan internet saat ini memang sudah jauh lebih maju apabila dibandingkan dengan internet di masa lampau. Sudah tentu, kan terus dilakukan penelitian dan pengembangan dari waktu ke waktu. Mungkin saat ini sudah banya orang yang tidak lagi kaget dan bingung mendengar istilah internet. Kalau jaman dulu, maklumlah jika ada yang belum paham. 
perkembangan internet saat ini
Banyak yang mencari informasi mengenai bagaimana perkembangan internet saat ini. Orang masih saja memiliki rasa penasaran yang tinggi terkait internet ini. Dengan adanya internet, memang segalanya menjadi terasa lebih simpel. Batasan ruang dan waktu serasa tidak ada lagi. Orang akan dengan mudah melihat kabar terbaru dari belahan dunia lainnya pada saat itu juga, real time.
Lalu bagaimana sih kabar perkembangan internet saat ini? apakah ada kemajuan yang berarti? tentu saja ada. Mungkin anda tidak menyadari bahwa saat ini sudah dengan sangat mudah dan murah bisa mengakses internet melalui perangkat mobile anda. Bukankah hal itu juga sudah menjadi sebuah kemajuan yang nyata didunia internet? 
Belum lagi perangkat lainnya, banyak sekali. Anda bisa membeli mobile modem dengan harga yang cukup murah. Untuk paket internetnya juga sudah terjangkau untuk kantong kita. Dengan berbekal laptop dan modem saja, anda bisa dengan leluasa mengakses internet darimana saja dan kapan saja. Namun, untuk Indonesia saat ini memang seringkali masih terkendala jaringan internet yang masih belum sepenuhnya memuaskan para pelanggannya. Sinyal belum sepenuhnya bisa menjangkau daerah-daerah. Jadi, akan terasa sulit sekali mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil seperti yang didambakan para pelanggan.
BTS dari masing-msing  provider memang sedang dan akan terus dilakukan pengembangan dari waktu ke waktu, baik itu dari segi jumlah maupun kualitasnya. Dengan BTS yang mumpuni, minimal anda akan dapat mendapatkan sinyal yang bagus semisal HSDPA. HSDPA sendiri bagi kami sudah cukup cepat. Dengan catatan anda sudah masuk  / tercover jaringan 3G. Masih adakah sinyal yang lebih daripada HSDPA? oh, tentu ada dan tentu saja modem yang anda miliki juga harus support sinyal tersebut. Jika modem anda hanya mentok di HSDPA saja, maka rasanya akan sangat sulit / mustahil mendapatkan sinyal HSPA+ dan lain sebagainya.
Bagaimana dengan perkembangan internet dari waktu ke waktu? singkat kata, sejarahnya. Jika ingin berbicara soal ini, maka akan sangat meluas sekali. Jika anda ingin sekedar mengetahui kutipan singkat sejarah perkembangan internet, anda bisa membaca informasi dari sini. Disana dijelaskan sedikit namun mudah dipahami bagaimana perjalanan internet dari awal mula sampai saat ini. 
Saat pertama kali dikembangkan, internet masih dalam lingkup yang kecil. Hanya bisa terkoneksi dalam cakupan beberapa komputer saja. Dan itu sudah lama sekali, mungkin era 1950 an. Pada saat itu teknologi internet dikembangkan dengan tujuan sains dan militer saja. Namun, dengan seiring berjalannya waktu, maka teknologi internet sudah seperti sekarang ini. Anda bisa mengakses berbagai macam situs hanya dengan mengetikkan alamat dengan www. didepannya. 
Dengan adanya kemudahan ini, sudah sepantasnya kita memanfaatkan internet dengan positif. Ambil sisi positifnya dan buang jauh sisi negatifnya. 
Tentu anda juga sudah pernah mendengar istilah wifi dan hotspot. Ini juga menjadi salah satu tanda kemajuan teknologi internet pada saat ini. Anda bingung apa perbedaan wifi dan hotspot? kami akan sedikit menjelaskan mengenai apa itu wifi dan apa itu hotspot.
Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Wifi ini digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. 
Pada mulanya, sebenarnya tujuan diadakannya wifi ini adalah untuk tujuanpenggunaan perangkat nirkabel dan LAN ( Local Area Network) saja, jika dalam bahasa indonesia LAN adalah Jaringan Area Lokal. Namun, kemudian justru berkembang lebih banyak dipergunakan untuk mengakses internet. Orang bisa terhubung dengan jaringan internet dengan bermodalkan komputer dengan kartu nirkabel (Wireless Card) atau PDA yang merupakan kepanjangan dari Personal Digital Assistant. Tentu saja untuk bisa terhubung harus ada titik aksesnya yang paling dekat dari lokasi. Anda tahu dan mungkin seringkali mendengar istilah hotspot, ya inilah titik akses itu. Hotspot = titik akses.
Hotspot : Hotspot seringkali ditemukan di area-area strategis dan publik semisal taman, perpustakaan, bandara atau restoran. Hotspot adalah salah satu wujud pemanfaatn teknologi Wireless LAN atau biasa disebut WLAN. Jarak yang paling ideal yang bisa dijangkau adalah maksimal 100 meter. Bagaimana kecepatannya? jangan tanya lagi, lumayan cepat dan memuaskan. Karena, speednya bisa mencapai 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.Sangat cepat bukan? pernahkah anda merasakannya? coba saja sendiri dan rasakan speednya!
Oke, itulah sekelumit cerita mengenai perkembangan internet saat ini yang bisa kami rangkumkan untuk anda. Jika ada banyak kekurangan, tolong dimaklumi. Karena jika menceritakan secara luas, maka akan menjadi sangat panjang dan mungkin anda jadi bosan membacanya. Untuk itulah, semoga ang sedikit ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi anda semua.

- sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

lampu